Problematika sidat di Indonesia

 Budidaya ikan sidat sehatIkan sidat merupakan salah satu ikan yang cukup menggemparkan dunia perikanan hususnya di Indonesia  sejak beberapa tahun terahir ini.  Karena selain harganya yang cukup fantastis, kandungan gizinya yang spektakuler juga kebutuhan pasar hususnya untuk expor yang hingga kini masih sangat kurang. Sehingga jika dilihat dari jauh, terutama dari kacamata usaha atau bisnis, dunia ikan sidat tampak kemilau bagaikan permata yang sangat menggiurkan siapa pun yang memandang. Dan dari sini pula ahirnya memunculkan  banyak spekulan, makelar, pembudidaya dadakan, orang-orang ambisius bahkan penipu dengan memanfaatkan mahalnya harga sidat. Semua pelaku dengan pola yang seperti ini rata-rata didasari oleh satu keinginan yaitu “ ingin cepat kaya “ dengan cara mudah dan dalam waktu yang singkat.

Namun dalam kenyataannya,
bergelut dengan dunia sidat tidak selalu selaras dengan apa yang menjadi angan maupun persepsi kebanyakan orang. Kadang malah berbanding terbalik, sehingga banyak pelaku usaha sidat yang menelan pil pahit alias mengalami kebangkrutan dengan segala macam persoalan yang melingkupinya. Hal ini terjadi kebanyakan karena adanya beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Namun secara umum, kegagalan itu  biasanya disebabkan oleh “kurangnya pengetahuan, kurangnya ketrampilan dan lemahnya jaringan”  tentang dunia persidatan. Rata-rata pelaku usaha sidat hanya dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap “ Untung besar”. Nah.... karena didorong oleh modal nekat tapi tidak didukung  dengan kemampuan yang cukup, maka wajarlah jika berahir tragis alias bunuh diri atau bangkrut.
Oleh karena itu , agar kemilau sidat itu benar-benar menjadi permata yang menyenangkan, perlu kiat-kiat husus agar harapan kesuksesan itu benar-benar menjadi kenyataan. Jalani kegiatan usaha sidat itu sesuai dengan prisnsip-prinsip usaha yang benar dan wajar. Sesuaikan antara ambisi hati dengan realisasi di lapangan. Jangan terjebak dengan nafsu atau ambisi yang berlebihan, sementara kemampuan belum di miliki. Hal ini akan berakibat fatal dalam dunia usaha apa pun. Termasuk bidang ikan sidat.

Untuk menghindari kegagalan dalam usaha sidat, maka diperlukan ilmu yang cukup, pembimbing yang berpengalaman dan bertanggung jawab, perencanaan yang matang dan menjalin kerjasama dengan jaringan penjualan serta harus mengerti betul karakter pasar sidat agar tidak mengalami kesulitan pada saat panen. Untuk hal ini diperlukan kesabaran, keuletan dan ketelitian yang luar biasa . Karena jika tidak, maka hayalan yang indah akan berubah menjadi kenyataan yang pahit.
Selamat berkreasi.






Komentar